Beasiswa Kuliah

Beasiswa Kuliah itu Mudah, Asalkan Kamu Menerapkan Hal Penting Ini!

Buat kamu yang sedang belajar di SMA, pasti sudah mulai memikirkan jenjang pendidikan selanjutnya di universitas. Beasiswa kuliah sendiri jadi target yang sudah kamu persiapkan dari sekarang. Mendaftar beasiswa kuliah itu susah-susah gampang, asalkan kamu tahu apa saja yang harus kamu lakukan untuk mempersiapkannya, sebenarnya banyak sekali kesempatan beasiswa yang bisa kamu dapatkan lho! Selain itu, kamu perlu mempersiapkan dokumen dan persyaratannya dari jauh-jauh hari, supaya apa yang kamu kerjakan itu memang maksimal. Yakin deh, pasti besar kesempatanmu untuk mendapatkan beasiswa di tempat favorite kamu! 

Mempelajari dengan detil beasiswa yang dituju

Untuk memulai semuanya itu, kamu terlebih dahulu perlu untuk membaca informasi dan mempelajari detil beasiswa yang kamu tuju itu dengan sebaik-baiknya, kamu juga perlu mencatat apa saja yang harus kamu siapkan dan apakah ada syarat-syarat tertentu untuk mendaftar beasiswa tersebut. 

Memperhatikan pola penerimaan siswa/siswi

Setiap jenis beasiswa itu memiliki pola tertentu dalam penerimaan beasiswa. Kamu harus benar-benar tahu dengan jelas waktu-waktu penting dalam beasiswa tersebut, misalnya, kapan pendaftaran dibuka dan ditutup, kapan pengumumannya, sehingga kamu bisa juga mengatur waktumu untuk mempersiapkan berkas dan mengambil ujian-ujian yang diperlukan seperti kemampuan bahasa atau sertifikasi tertentu. Kamu disarankan untuk bisa membuat timeline milikmu sendiri supaya kamu tahu apa yang harus kamu lakukan di waktu tertentu dan akhirnya tidak meleset deh dari perencanaan beasiswa kuliah kamu.

Kamu juga bisa mendapatkan Beasiswa di Universitas Terbaik di Tangerang Indonesia ini Lho.. sstt.. namanya : UPH ( Universitas Pelita Harapan).

Mempersiapkan dokumen

Setelah kamu tahu dengan detil apa saja dokumen yang diperlukan untuk pendaftaran dan memiliki tabel timeline milikmu sendiri, kamu bisa memulai untuk mempersiapkan semua dokumen yang dibutuhkan. Untuk memudahkannya, kamu bisa membuat catatan to do list kamu. Lebih baik untuk kamu mempersiapkan semua dokumen ini jauh-jauh hari sebelum deadline, supaya pengerjaannya bisa dengan sepenuh hati dan benar-benar yang terbaik dan tidak terburu-buru.

Rencana penelitian

Biasanya untuk pendaftaran beasiswa kuliah itu dibutuhkan rencana penelitian/research plan. Ini merupakan dokumen yang paling penting nih dari semua dokumen yang ada. Karena dari isi rencana/plan kamu ini, mereka bisa menilai pola pikir kamu dan juga menilai apakah rancangan kamu ini patut untuk didukung oleh beasiswa yang mereka sediakan ini. 

Biasanya membuat research plan ini membutuhkan waktu yang cukup banyak, karena kamu harus benar-benar memikirkan dengan matang topik dan perencanaan kamu kedepannya nanti. Jadi kalau bisa, mulailah sejak awal untuk memikirkan rencana penelitian ini dari pertama kali kamu ingin mendaftar beasiswa. 

Menghubungi universitas yang dituju

Di sela-sela kamu mempersiapkan semua dokumen yang dibutuhkan, ada baiknya kamu juga meluangkan waktu untuk kontak universitas yang kamu tuju itu. Kamu bisa memperkenalkan dirimu lebih awal dan memperkenalkan juga research plan milikmu. Kamu juga bisa mempelajari research para dosen pengajar di sana, sehingga kamu juga bisa memberikan apresiasimu saat menghubungi mereka. Barangkali saja kamu bisa langsung menemukan dosen pembimbingmu di universitas tersebut. Bakalan asik banget tuh! 

Di dalam website universitas, biasanya sudah ada kontak para dosen, kamu cuman perlu mencari dosen mana yang kira-kira sesuai dengan rancangan penelitian kamu. Selamat mencoba ya! 

Terakhir, setelah semuanya kamu persiapkan dengan sangat matang, kamu juga perlu berlatih. Berlatih untuk segala tes yang akan kamu ambil, entah itu bahasa atau kemampuan lain. Kamu juga harus berlatih untuk diwawancarai lho! Ini bisa menghindari kamu dari gugup apalagi saat diwawancarai dengan bahasa asing dan akhirnya merusak semua wawancara beasiswa kuliah kamu. Jangan sampai ini terjadi ya! 

Pada akhirnya, persiapan yang matang itu sebenarnya butuh waktu yang panjang dan kemauan yang kuat. Kalau kamu sudah mempersiapkan itu, bahkan sudah menjadi kebiasaanmu dalam membuat karya tulis ilmiah, public speaking, sampai kemampuan berbahasa asing yang mumpuni lewat kegiatanmu sehari-hari. Yakin deh memperoleh beasiswa kuliah bukan lagi jadi tantangan yang sulit buat kamu. Maka itu, kamu harus memulainya dari sekarang, bagilah waktu dan kegiatanmu untuk hal-hal yang berguna bagi masa depanmu. Mulailah dengan ikut organisasi, ikut acara-acara yang mendidik, latih terus bahasa inggrismu dengan baik, dan seringlah ikut kegiatan yang mengasah kemampuan karya tulis ilmiah dan public speaking kamu. Tidak ada ruginya melatih diri sejak dini untuk hal-hal yang positif kan!